Terapi ikan - Fish Treat di leang kassi

Terapi Ikan di leang kassi, digemari orang dewasa hingga anak-anak dan remaja puteri,Bagi warga Minasate’ne - Kabupaten Pangkep tidak ada yang mengenal tempat ini, Leang Kassi. Nama ini sebenarnya merujuk kepada Salah satu leang (gua) prasejarah yang di Kampung Belae’, Kelurahan Biraeng, Minasate’ne. Jaraknya sekitar 15 kilometer dari ibukota Kabupaten, Pangkajene – Pangkep. Di daerah sekitar Leang Kassi inilah, warga setempat memanfaatkan mata air pegunungan yang mengalir sepanjang tahun tiada henti tersebut untuk memelihara ikan—dalam bahasa local—yang disebut pai – pai (makassar : juku pai – pai). Ikan pai – pai inilah yang mendatangkan rezeki tersendiri bagi mereka, dibuatkan kolam khusus dimana setiap pengunjung dapat mencelupkan kaki mereka untuk terapi ikan.


Terapi ikan - Fish Treat di leang kassi

Terapi ikan - Fish Treat di leang kassi


Terapi ikan - Fish Treat di leang kassi

Terapi Ikan di leang kassi, digemari orang dewasa hingga anak-anak dan remaja puteri. (foto : mfaridwm)

Terapi ikan (Fish Treat) ini sebenarnya hal baru dalam terapi kesehatan, termasuk bagi warga Minasate’ne – Pangkep. Konon, Terapi ikan semacam ini asalnya dari daerah utara dan pusat Timur Tengah. Dalam prakteknya, seseorang mencelupkan kakinya ke sebuah sungai yang berisi ikan jenis garra rufa dan seketika itu juga puluhan bahkan ikan tersebut mengerubungi kakinya. Rasanya tak sakit, hanya sedikit gelid an itu kemudian dipercaya sebagai terapi kesehatan. Kulit terlihat lebih bersih dan setelah terapi, tubuh khususnya bagian kaki terasa lebih segar dan ringan. Itulah sebabnya tak sedikit orang yang mencelupkan badannya dan membiarkan seluruh tubuhnya digigit ikan pai – pai (garra rufa) ini karena dipercaya pula ikan yang tak memiliki gigi tersebut memiliki daya hisap dan insting untuk menghisap kulit - kulit mati manusia.

Terapi ikan - Fish Treat di leang kassi

Terapi ikan dari air pegunungan yang dingin dan menyegarkan. (foto : mfaridwm).

Terapi ikan dari air pegunungan yang dingin dan menyegarkan.
Sebagian besar orang pengunjung Leang Kassi, selain untuk menikmati obyek wisata alam pegunungan yang menyegarkan juga menyempatkan singgah untuk melakukan terapi ikan, meski mereka tak mengetahui secara jelas apa manfaatnya. Menurut mereka, seperti diungkapkan Dra Nurhudayah, seorang guru yang membawa siswa – siswanya mengunjungi obyek wisata prasejarah Leang Kassi, Terapi Ikan di Leang Kassi cukup membersihkan kulit dan mengurangi stress, apalagi air yang dipakai masyarakat setempat memelihara ikan pai – pai adalah air pegunungan yang dingin dan menyegarkan. “Hawa pegunungan disini juga sangat sejuk”, tambahnya.


Salah satu alasan mengapa pengunjung pada akhirnya banyak menyempatkan singgah untuk terapi ikan di Leang Kassi adalah murah, yaitu hanya Rp 5000 per orang dengan waktu celup kaki selama 30 menit dan berlaku kelipatannya, Rp 10.000 per orang untuk waktu selama 60 menit. Bagi yang berendam, dikenakan tarif sebesar Rp 10.000 per 30 menit. Hal ini dinilai murah oleh warga perkotaan, baik dari dalam kota maupun yang berasal dari luar kota, seperti Makassar yang pada akhirnya mengetahui juga adanya terapi ikan di Leang Kassi. Di Makassar sendiri, pada beberapa mall, hadir juga terapiikan dengan tariff sekitar Rp 80.000 sampai Rp 100.000,- per 60 menitnya.


Terapi ikan - Fish Treat di leang kassi

Terapi ikan yang murah hanya ada disini. (foto : mfaridwm).


Terapi ikan yang murah hanya ada disini.

Hadirnya Terapi ikan di Leang Kassi dengan sendirinya memiliki manfaat ganda yang dirasakan bagi masyarakat dan para pengunjung, yaitu semakin dikenalnya obyek wisata prasejarah Leang Kassi dan leang prasejarah disekitarnya. Hanya saja, membludaknya pengunjung di obyek wisata prasejarah seperti itu biasanya dibarengi dengan maraknya perbuatan vandalisme, mencoret – coreti dinding gua, pohon, sampai membuang sampah dalam lingkungan obyek wisata, termasuk di dalam gua. Semoga saja kebutuhan kita untuk refreshing dan berekreasi tidak berdampak buruk terhadap upaya pelestarian dan rehabilitasi lingkungan dimanapun kita berada.
Demikianlah ulasan dari saya mengenai Terapi ikan - Fish Treat di leang kassi Wassalam semoga bermanfaat.
Disadur Secara Penuh dari M Farid W Makkulau kompasiana.com

Tidak ada komentar untuk "Terapi ikan - Fish Treat di leang kassi"