Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page

Baiklah, Sebelumnya Saya Sudah Menjelaskan Tentang SEO Yaitu Pengertian SEO (Search Engine Optimization). Kebetulan sampai hari ini saya masih terus belajar mengenai SEO. Kali ini, saya akan berbagi pemahaman mengenai SEO On Page dan SEO Off Page.


SEO On Page adalah SEO yang dilkakukan didalam website itu sendiri. Jadi SEO yang dilakukan adalah membuat seluruh konten yang ada diwebsite menjadi relevan terhadap suatu keyword yang menjadi target agar Search Engine dapat memposisikan website pada pencarian pertama terhadap keyword tersebut. Mudahnya, SEO On Page adalah segala usaha SEO didalam website.

SEO Off Page adalah SEO yang dilakukan di luar website yaitu membangun link sebanyak mungkin diluar website. Contohnya, membuat inbound link atau outbound link dari blog atau website orang lain, memasukan sitemap pada webmaster tools, manual directory Submission.

Metode OnPage dan OffPage SEO - Persaingan untuk menjadi posisi teratas di google memang sangat berat dan menjadi rebutan, dan banyak pesaing yang harus bertarung di untuk mendapatkan posisi tersebut.

Menjadi posisi pencarian teratas di google memang menjadi dambaan setiap orang, dan pastinya memerlukan usaha yang sangat besar. Maka semua itu memerlukan yang namanya SEO atau Search Engine Optimization.

Bersaing dalam SEO secara sehat memang disarankan google, namun tak jarang bila banyak webmaster yang menggunakan metode-metode SEO untuk meraih posisi terbaik di google. Nah maka dari itu pada artikel ini kita akan belajar mengenai metode on page dan off page SEO yang sudah banyak dilakukan oleh para master-master SEO.

On Page SEO

OnPage SEO
On Page SEO adalah langkah mengoptimasi pada semua parameter teknis blog kita. Banyak yang harus di optimasi pada SEO On Page, salah satunya adalah Keywords. Keyword sangat menentukan sekali ke mana arahnya blog itu nantinya. Keyword sangat berperan penting pada posisi di google, semakin banyak keyword yang di optimasi maka akan semakin bagus pula posisi di google. Salah satu optimasi keyword adalah dengan metode hidden keyword frase atau metode hidden keyword pada On Page.

Metode Hidden Keyword Frase

Hidden keyword adalah menyelipkan frase keyword kedalam sebuah template tanpa diketahui oleh pembaca. Namun mesin pecari akan tetap mampu membaca. Perhatikan tag html dibawah ini.

#hidden-keyword {
float: left;
margin: -4500px;
padding:-3000px;
}

<div id="hidden-keyword">
<h1>
<a href="http://hasbihtc.blogspot.com/" title="keyword">keyword</a>
</h1>
</div>

Perlu sedikit dicermati, kita perlu mangganti beberapa bagian dari contoh tag html diatas, ubah kembali tanda berwana Biru dengan URL dan keyword masing-masing. Secara teknis metode ini akan sedikit berbeda-beda penerapannya di setiap template.

Untuk mengatasi hal tersebut maka kita perlu mengubah konstanta dari margin dan padding dengan konstanta yang berbeda-beda. Bisa menambah ataupun mengurangi. Namun tidak mengubah tanda (-) di depan nilai konstanta margin dan padding. Bila setting kita sudah benar maka frase keyword yang kita buat tidak akan nampak pada backgound template.
Setelah tag html tersebut diedit ulang maka letakkan tag html tersebut di atas </head> atau di atas ]]></b:skin>.

Metode Hidden Keyword Pada On Page

Metode ini hampir sama dengan metode di atas. Dengan metode ini, kita bisa menyisipkan beberapa keyword sekaligus. Walaupun tidak menutup kemungkinan kita bisa memodifikasi ulang.

Pada metode ini kita tidak perlu mengatur ulang nilai konstanta dari margin dan padding. Setelah mengedit tag html di bawah ini kita bisa meletakkan di atas </head> atau di atas ]]></b:skin>.

<a name="top"></a>
<div align=left><font face-verdana,arial size=1>
<a href="http://daw-xp.blogspot.com/" title="keyword1" >keyword1</a> |
<a href="http://hasbihtc.blogspot.com/" title="keyword2">keyword2</a>|
<a href="http://hasbihtc.blogspot.com/" title="keyword3">keyword3</a> |
<a href="http://hasbihtc.blogspot.com/" title="keyword4">keyword4</a>|
<a href="http://hasbihtc.blogspot.com/" title="keyword5">keyword5</a> |

Sama seperti metode sebelumnya, ubah kode yang berwarna Biru dengan URL dan Keyword blog sobat.

Sangat banyak sekali metode-metode untuk membuat SEO On Page agar artikel menjadi posisi teratas google, salah satu yang banyak dilakukan adalah dengan internal link atau link internal yang sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Saya ingatkan metode seo onpage di atas merupakan cara black hat seo, saya tidak menyarankan anda menggunakannya, bisa-bisa blog anda nanti ditendang google. Untuk metode seo onpage yang murni akan dibahas di artikel selanjutnya.

Off Page SEO

OffPage SEO
Off Page SEO hampir sama dengan On Page SEO. Bedanya Off Page SEO adalah optimasi yang dilakukan dari luar situs atau media lain tapi tetap mengarah ke situs yang ingin di optimasi tersebut. Dukungan On Page SEO dan Off Page SEO memang harus mendasari seluruh metode SEO.

On Page dan Off Page yang dijalankan dengan baik maka akan mampu membawa blog kita berada di halaman utama mesin pencar. Tinggal bagaimana kita cara untuk optimasi-optimasinya. Nah disini saya akan memberikan sedikit tips bagaimana cara optimasi untuk Off Page SEO.

1. Link Exchange atau tukeran link. Link yang di anggap oleh Mbah Google dan search engine lainnya adalah link berbentuk text.

2. Menyisipkan Keyword Pada Banner. Google tidak akan mengindex bannernya, namun keyword atau atribut lainnya. Dengan menyisipkan keyword pada banner ini maka saat anda bertukar banner dengan blog lain otomatis google akan mengindexnya.

3. Adanya Oneway Backlink (Backlink satu arah) kepada artikel yang memiliki topik yang sama, sangat berpengaruh besar kepada Index anda di Search Engine.

4. Submit Artikel ke Social Bookmarking. Mensubmit artikel ke social bookmarking akan mempermudah google melacak artikel anda dan pastinya pengunjung akan berdatangan.

5. Berkomentar ke Blog Dofollow. Gunakan name/url untuk berkomentar dan dapatkan backlink, lebih baik lagi jika berkomentar di blog yang berpagerank tinggi.

Okay, itu dulu penjelasan singkat saya mengenai perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page. Semoga bisa menambah informasi buat temen-temen sakalian dan jika ada yang kurang mohon ditambahkan melalui komentar dibawah. Terima kasih.

Lihat Sumbernya Blog SEO DAW-XP

Tidak ada komentar untuk "Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page"