11 Istilah Dasar Di Google Adsense

Istilah Dasar Di Google Adsense



1. Publisher
Adalah orang atau pemilik situs atau blog yang sudah bergabung dan memasang iklan AdSense di situs atau blognya tersebut.

2. Ad Unit
Ad Unit dalah iklan Adsense itu sendiri, dimana terdiri dari beberapa jenis dan ukuran. Yang paling umum dan sering terlihat adalah jenis iklan teks. Bilamana pengunjung meng-klik iklan teks tersebut, maka (apabila sah) si pemasang iklan (poin 1) akan mendapatkan pemasukan sesuai dengan CPC-nya

3. Link Unit
Hampir sama dengan Ad unit, link unit ini memiliki perbedaan pada tampilan saja yang berupa judul menu saja. Jika pengunjung meng-klik link tersebut, nmaka ia akan diarahkan pada halaman hasil pencarian pada Google Search Engine. Kemudian ketika pengunjung meng-klik iklan berikutnya pada halaman pencarian tersebut, maka si publisher baru akanmendapatkan pemasukan. Iklan Link unit ini terbukti lebih banyak menghasilkan dibanding ad unit.

4. Adsense For Content
Adalah Iklan Adsense yang dipasang pada suatu halaman. Iklan-iklan yang akan mucul adalah iklan yang berhubungan dengan halaman tersebut, atau istilahnya menggunakan kontekstual. Dua poin diatas tadi (Ads Unit dan Link Unit) juga termasuk dalam Adsense For Content.

5. Alternate Ads
Pada Ads For Conten, iklan tidak selamanya muncul, ini disebabkan karena stok iklan tidak ada atau tidak ada yang berhubungan dengan konten pada halaman tersebut. Sebagai gantinya, Adsense membrikan atau memunculkan iklan berupa layanan masyarakat, namun iklan ini tidak memberikan apa-apa ketika di klik.

6. Channel
Channels ini adalah sejenis label untuk diberikan pada ads unit, ads link, ads for search, dan referral, namun setiap iklan dapat memiliki lebih dari satu chanel. Ini difungsikan agar dapat mengontrol performa Adsense di publisher itu sendiri.

7. Page Impression
Adalah jumlah yang menunjunkan berapa kali halaman yang mengandung ads unit dibuka oleh pengunjung. Nilai ini tidak ada pengaruhnya terhadap ads unit.

8. Clicks
Adalah klik yang dilakukan oleh pengunjung pada iklan milik publisher. Total klik ini dapat diketahui pada halaman awal Adsense oleh masing-masing publisher.

9. CTR (Clicktrough Rate)
adalah merupakan perbandingan dalam persentase, antara link yang diterima oleh ads unit, dengan jumlah tampil ads unit tersebut. misalnya satu ads unit yang ditampilkan 20 kali dan di klik sebanyak 2 kali memiliki nilai CTR sebesar 10% (10:20).

10. CPC (Cost Per Click)
CPC adalah jumlah uang yang akan didapatkan oleh seorang publisher apabila ads unit tertentu di klik. Nilainya berbeda-beda untuk masing-masing ads unit yang ditentukan oleh banyak faktor, termasuk performa situs si publisher. Pada umumnya adalah 20% dari tawaran dinamis yang ditawarkan oleh pemasang iklan.

11. ECPM (Effective CPM)
eCPM atau CPM (Cost Per Million) adalah hasil pembagian jumlah antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman (per 1.000) yang ia dapatkan dari iklan-iklannya. Contohnya seorang publisher yang menghasilkan USD 200 dari 50.000 impresi akan memiliki nilai CPM sebesar 4 (USD 200 dibagi 50).

Tidak ada komentar untuk "11 Istilah Dasar Di Google Adsense"