Blogger Indonesia Disomasi Facebook

1. Jakarta - Niat hati untuk berkreasi, namun malah berujung berurusan dengan kuasa hukum. Itulah yang dialami blogger Indonesia yang bernama Ainun Nazieb. 'Lawan mainnya' pun tak tanggung-tanggung, yakni situs jejaring raksasa Facebook!
Kisah berurusannya Nazieb dengan Facebook ini bermula ketika ia coba berkreasi membuat themes untuk blog yang tampilannya mirip dengan Facebook. Tema yang ia pilih adalah 'Smells Like Facebook'.
"Awal membuat themes ini untuk pribadi, lalu dirilis untuk umum. Tapi bukan untuk dijual, jadi banyak yang download
," ujarnya kepada detikINET, Kamis (17/11/2011).
Hanya saja, kreativitas Nazieb berbenturan dengan Undang-undang Hak Cipta. Hingga pada akhirnya, dirinya dihubungi oleh pihak yang mengaku sebagai kuasa hukum Facebook untuk mengklarifikasi masalah ini.
"Jadi dianggap melanggar oleh pengacara mereka (
Facebook-red.). Dan nanti akan dijadwalkan untuk sesi klarifikasi masalahnya," lanjut Nazieb.
Kasus ini sendiri memang belum sampai ke tangan pihak berwajib. Namun pihak Facebook sudah mengirimkan surat keberatannya.
Themes bergaya Facebook yang dipermasalahkan itu kini sudah dihentikan aktivitas pengunduhannya di blog pribadi
Nazieb.
"Dan hari Rabu depan rencananya baru akan ketemu kuasa hukum mereka (Facebook-red.)," pungkasnya.

Sumber : detikINET



Tampilan Tema Blog Yang Disomasi FB

2. Salah satu bloger Indonesia, Ainun Nazieb, tersandung masalah dengan raksasa jejaring sosial Facebook.
Perusahaan tersebut melayangkan surat tuntutan terhadap Nazieb.
Apa masalahnya?
Surat tuntutan ini bermula ketika Nazieb membuat blog pribadi yang beralamat di nazieb.com dan membuat tema blog bernama 'Smells Like Facebook' yang mirip dengan tampilan Facebook versi pertama.
Tampilan Tema Blog Yang Disomasi FB
"Awalnya saya iseng saja untuk membuat tema blog saya mirip tampilan Facebook.
Sampai akhirnya ada beberapa teman yang meminta saya menyediakannya sebagai tema yang bisa dipakai oleh orang banyak karena dinilai menarik.
Jujur saya tidak berniat mencari keuntungan, karena saat itu saya hanya berniat share saja," tutur Nazieb, ketika dihubungi okezone, Kamis (17/11/2011).
"Tapi sekarang di tema blog tersebut sudah saya setop untuk diunduh di blog pribadi saya, namun peredarannya belum tentu berhenti sih, karena mungkin bisa di-share oleh orang lain melalui blog mereka," lanjutnya. Upaya yang sedang dilakukan Nazeib saat ini ialah berkonsultasi denga kuasa hukumnya yang disediakan oleh pimpinan perusahaan di mana saat ini dia bekerja. Untuk nantinya memenuhi panggilan pihak Facebook Indonesia pada hari Senin, 21 November atau Rabu, 23 November 2011. "Saat ini saya masih mengkonsultasikan masalah ini dengan kuasa hukum yang disediakan oleh pimpinan perusahaan saya, kemudian saya dan kuasa hukum akan mendatangi panggilan perwakilan Facebook pada hari Senin atau Rabu mendatang, untuk mengetahui apa yang sebenarnya mereka tuntut," simpulnya.
Referensi : Oke zone

Tidak ada komentar untuk "Blogger Indonesia Disomasi Facebook"