Cara Mempartisi Harddisk yang tidak bisa diformat saat Install Windows

Selamaat pagi kawan - Kini aku akan sharing ma kalian gimana caranya untuk membuat partisi ketika akan meng install windows. Pengalamanku kemarin setelah aku coba hidupin komputer muncul pesan canot load sistem operation. aku coba masukan cd windows tetapi saat setelah muncul perintah ENTER untuk instalasi windows muncul pesan yang intinya tidak ada hardisk yang terpasng. Kemudian aku coba perbaiki partisi hardisku agar terdeteksi oleh windos aku menggunakan CD Hiren's booting kemudian aku

booting dengan menu mini linux. Setelah berhasil muncul Menu linux mini aku coba menggunakan aplikasi TestDisk yang terdapat pada CD Hiren's. aku berhasil mengembalikan partisi harddisk yang hilang. Aku simmpan kembali partisi hardisku. aku restar komputer. lalu aku coba masukan kembali CD Windows. Hem lagi lagi partisi hardisku ga kebaca di windows.

Cara Mempartisi Harddisk yang tidak bisa diformat saat Install Windows


Secercah harapan muncul ketika aku coba booting lagi dari CD Hiren's aku buka testdisk aku pilih menu MBR. Aku set MBR pada cylinder pertama harddisk. Aku restart koputer aku coba booting lagi dari CD Windows dan taraaa.... partisi hardisku sudah terbaca... namun partisi hardisku yang semula C,D,E,F cuma terbaca sebagai hardisk yang berlum terformat dengan kapasitas 250GB.... awawaw.. permasalahan baru.

Ketika aku buat partisi pada harrdisk tersebut lewat windows memang berhasil aku partisi kembali menjadi C,D,E,F tetapi saat aku pilih drive C untuk aku install windows ketika proses format berhasil loading penuh muncul pesan kira kira " Windows canot formated this drive. May be drive Damage. bla bla bla please conect on your drive or terminatet scsi" mungkin gitu pesannya...aku lupa.. mohon maaf. lalu disuruh tekan enter... dan kita kembali ke pilihan drive yang telah dipartisi tadi.. semua hardisk aku coba format untuk menginstall windos tapi muncul dengan pesan yang sama. apa yang terjadiiii? setelah aku restar komputer dan booting dengan CD Windos partisi yang telah berhasil dibuat tadi kembali menjadi 250 Gb harddisk belum terpartisi.

Cara Mempartisi Harddisk yang tidak bisa diformat saat Install Windows


Kemudian aku dah pusing gmana caranya... tapi jangan menyerah.. berikut ini cara yang aku lakukan untuk membuat partisi bisa terbaca di windos dan partisi bisa di format:

- Pastikan seting harddisk bios kamu IDE bukan AHCI. jika tidak bisa lanjut ke...
- Maskukan CD Bootable Ubuntu.
- Kemudian lakukan pembagian partisi di ubuntu dengan format NTFS
- kemudian lakukan instalasi ubuntu di drive yang telah terpartisi.
- setelah berjalan loading beberapa saat sebelum instalasi ubuntu selesai hentikan proses instalasi
- kemudian restart komputer masukan CD Windows dan apa yang terjadi?
kita bisa melakukan partisi dan partisi kita terbaca di windows
- Langkah selanjutnya kmu pilih drive yang akan diinstal windows dan taraaa partisi tersebut bisa diformat lewat windows. dan proses instalasi windows akan ber jalan...


Selamat yaaa bagi kamu yang telah menemukan tulisanku ini Cara Mempartisi Harddisk yang tidak bisa diformat saat Install Windows dan berhasil melakukannya.. jika tidak berhasil.. jangan menyerah. Itu pengalamanku memformat hardisk dengan bantuan lewat Ubuntu. pengalamanku ( klo cuma bikin partisi dan format lewat ubuntu tanpa melakukan instalasi ubuntu partisi di windows tetap tidak terbaca)
NB: Back-Up data anda sebelum Melakukan partisi

Tidak ada komentar untuk "Cara Mempartisi Harddisk yang tidak bisa diformat saat Install Windows"