Manfaat Buah Mahkota Dewa

Manfaat Buah Mahkota Dewa dewasa ini makin banyak dirasakan orang. Walau rasanya sangat pahit, namun keampuhannya dalam mengobati berbagai penyakit tak diragukan lagi, Mahkota dewa seringkali digunakan sebagai bahan baku pembuatan jamu dan obat-obatan tradisional lainnya.

Manfaat buah mahkota dewa yang dalam bahasa latinnya disebut Phaleria papuana sudah tak disangsikan lagi karena sudah dari zaman dulu orang-orang banyak

Menggunakannya untuk "mengobati" berbagai macam penyakit

Manfaat Buah Mahkota Dewa - gambar buah mahkota dewa


Manfaat tumbuhan Mahkota DEWA

Manfaat tumbuhan Mahkota Dewa


Mengenal Buah Mahkota Dewa

Mahkota dewa bisa dengan mudah ditemukan di pekarangan rumah atau di kebun-kebun. Tanaman ini sangat menyukai areal tanah yang gembur dan subur dengan ketinggian sekitar 10-1.300 diatas permukaan laut (dpl).

Asal muasal tanaman mahkota dewa belum banyak diketahui orang. Ada sejumlah peneliti menyebut daerah asal tanaman ini dari Papua, makanya akhiran di nama latinnya tercantum kata ‘papuana’ yang bisa berarti dari Papua.

Tingginya antara 1-2,5 meter dengan batangnya yang bulat memiliki kayu dan bergetah, dan permukaannya kasar. Ciri lainnya memiliki daun yang tunggal dengan letak yang saling berhadapan, berbentuk lanset atau jorong, dengan tangkai yang pendek.

Mahkota dewa memiliki bentuk yang bulat berdiameter 3-6 cm. Ketika muda berwarna hijau dan memerah ketika telah masak (siap dipetik). Biji buahnya berbentuk bulat, berwarna cokelat dan memiliki tekstur yang keras. Daging buahnya memilikiwarna putih bersih, cenderung berair, dan memiliki serat. Biasanya petani mahkota dewa melakukan perbanyakan dengan melakukan cangkok.

Nama mahkota dewa yang familiar kita dengar sekarang ternyata memiliki banyak nama lain yang juga begitu menggoda. Seperti misalnya: buah simalakama (Melayu), makuto mewo, makutodewa, makuto ratu. Mahkota dewa mempunyai nama asing Phaleriae Fructus (buah mahkota dewa).

Manfaat Buah Mahkota Dewa Hampir keseluruhan bagian mahkota dewa mempunyai manfaatnya sendiri-sendiri. Bagian tanaman seperti daging, daun dan kulit bisa digunakan sebagai obat. Kulit dan daging buahnya bisa digunakan untuk mengobati disentri, bintik jerawat, dan psoriasis. Sementara daun dan bijinya untuk mengobati berbagai jenis penyakit kulit seperti ekzim dan gatal-gatal.

Manfaat buah mahkota dewa juga tak hanya dirasakan dalam tinjauan pengobatan tradisional, tapi sudah diuji klinis di laboratorium dengan berbagai penelitian ilmiah secara ketat.

Berikut beberapa manfaat buah mahkota dewa berdasarkan hasil penelitian:
Mahkota dewa terbukti secara ilmiah dapat menghambat laju pertumbuhan sel kanker sampai 50%. Penelitiannya dilakukan dengan menguji nilai hambat pertumbuhan sel leukemia L210 oleh ekstrak mahkota dewa.
Hasil uji terhadap aktifitas antioksidan tanaman mahkota dewa menunjukkan bahwa kulit biji dan buah memiliki aktifitas antioksidan yang sangat potensial.
Pengujian terhadap anti alergi/antihistamin menunjukkan bahwa setiap esktrak mahkota dewa memiliki efek antihistamin.
Uji khasiat mahkota dewa untuk menurunkan panas (anti piretik), menurunkan kadar asam urat, mengurangi rasa sakit (analgesik), dan berbagai penyakit lainnya.
Sekian ulasan dari saya menegnai Manfaat dan Khasiat Buah Mahkota Dewa semoga dapat bermanfaat.

Tidak ada komentar untuk "Manfaat Buah Mahkota Dewa"