10 Cara Merawat Infus Printer dan Isi Ulang Tinta Versi Terbaru

Merawat Infus Printer dan Isi Ulang Tinta Printer Versi Terbaru Cara Merawat Printer Infus Agar Lebih Awet Dan Berumur Panjang Printer dengan tinta model infus itulah artikel yang akan dibahas diblog hasbihtcblog dirasa banyak pemakai lebih praktis dan awet. namun demikian, penggunaan printer infus harus memperhatikan resiko modifikasi tinta inkjet menjadi tinta model infus. resiko utama penggunaan tinta model infus adalah hilangnya garansi resmi dari pabrikan printer tersebut dikarnakan bongkar pasang dan fisik printer yang berubah berlubang disamping resiko tersebut, keuntungan yang didapat memang cukup banyak diantaranya lebih praktis dalam mengisi ulang tinta printer, hemat biaya untuk membeli Catridge printer baru, meminimalisir kerusakan Catridge karena sering bongkar pasang dan suntik tinta serta kelebihan lainnya.

Merawat Infus Printer dan Isi Ulang Tinta Versi Terbaru


Merawat Infus Printer dan Isi Ulang Tinta Versi Terbaru

Merawat Infus Printer dan Isi Ulang Tinta Versi Terbaru


Kelebihan-kelebihan yang dimiliki printer dengan tinta model infus ini harus dibayar mahal dengan hilangnya garansi resmi dari pabrikan printer. saran hasbihtcblog sebelum memodifikasi printer dari tinta inkjet menjadi tinta infusan adalah serahkan pada ahlinya yaitu teknisi profesional. bawalah printer inkjet anda ke tempat servis printer atau komputer atau toko komputer yang menyediakan jasa pemasangan infus printer. disamping hasilnya terjamin, teknisi akan memberikan garansi apabila printer yang sudah diinfus mengalami gangguan dan kerusakan.

Berikut 10 Tips merawat printer infus agar lebih awet dan tahan lama :
  1. Letakan botol infus sejajar dengan printer dan gunakan double tape agar botol tidak mudah terlepas. resiko tinta tumpah dan mengotori meja maupun dokumen-dokumen dapat diminimalisir.
  2. Saat akan menggunakan printer, tutup botol kecil pada tabung infus sebaiknya dibuka dengan tujuan udara bisa masuk sehingga tinta bisa mengalir dengan lancar.
  3. Saat printer tidak digunakan, maka tutup botol kecil dan besar pada tabung infus harus tertutup rapat, hal ini untuk menghindari tinta banjir dan mengkibatkan catridge/head mengalami konslet mati total
  4. Lakukan isi ulang tinta saat tinta sudah mencapai 1/4 botol, dengan cara buka tutup botol besar dan kecil kemudian masukkan tinta melalui lubang botol besar. setelah selesai tutup kembali kedua lubang botol dengan rapat.
  5. Biasakan membeli tinta isi ulang dengan merk yang sama karena masing-masing merk tinta memiliki karakteristik yang berbeda serta komposisi bahan kimia yang berbeda pula. resiko yang didapat apabila sering gonta-ganti merk tinta adalah catridge mampet dan lama kelamaan rusak.
  6. Pada Printer merk Canon, apabila terjadi run out tinta yang biasanya ditandai dengan blink 4x, error E4, error E6, error E13, error E16 maka cara memperbaikinya adalah dengan menekan tombol Resume/Reset selama 10 detik.
  7. Pada printer merk Epson, apabila catridge warna (merah, kuing, biru) tidak terbaca maka cara memperbaikinya adalah dengan menekan tombol Resume/Reset selama 10 detik dalam keadaan USB terlepas.
  8. Biasakan menggunakan printer setiap hari, minimal 1 lembar untuk mencegah catridge head printer mampet.
  9. Apabila selang infus masuk angin atau ingin mensetabilkan warna tinta setelah melakukan isi ulang maka gunakan perintah Deep Cleaning pada pengaturan printer dan jangan meninggikan botol infus karena akan menyebabkan tinta banjir dan konslet pada catridge/head.
  10. Apabila mencetak dalam jumlah yang banyak, sebaiknya jangan dilakukan secara terus menerus,dianjurkan printer istirahat setelah mencetak 30 lembar agar catridge tidak cepat panas. setelah selesai menggunakan printer, matikan dan cabut kabel printer dari stop kontak agar power suplay priter tidak cepat rusak.

Cara Isi Ulang Tinta Printer Versi Terbaru


Cara Isi Ulang Tinta Printer Versi Terbaru
  • Yang pertama pastikan anda membeli isi ulang yang cocok dengan tipe printer canon anda.
  • Ambil catridge dari Printer, disetiap pembelian tinta suntik pasti ada step-stepnya biasanya di bagian belakang bungkus, ikuti saja.
  • Kalau belum pernah disuntik alias masih original gunakan paku yang biasa dipakai ,tapi biasanya ada jarum bawaan tinta itu memang di sediakan khusus untuk menusuk catridge yang masih baru atau belum pernah di isi ulang, Kemudian buka stiker yang dibagian atas Catridge, nah lubang kecil yang ada kita perlebar sedikit dengan jarum tersebut tersebut jika tidak ada jarum bisa di ganti dengan paku tapi bukan paku yang gede, paku nya yang kecil ajah.
  • Ingat jangan terlalu lebar, asal masuk jarum injection itu sudah cukup.
  • Nah, kalau lubang sudah dibuat, mulai injectkan atau suntikkan dilubang tersebut, kalau bisa gunakan tisue halus ketika memegang bagian Head atau tempat keluarnya tinta di bagian bawah Catridge. Ingat! jangan menyentuh connector Catridge dengan tangan kita secara langsung, karena biasanya akan muncul error. Dalam Memasukkan tinta jangan terlalu banyak, kira-kira 2 s/d 3 mili saja. Sebab kalau terlalu banyak nanti akan bocor lagi dibagian bawah catridge, sayang tintanya.
  • Kalau sudah, masukkan kembali ke printer, nanti kalau muncul pesan dari komputermu, tekan ok saja.
  • Jangan lupa maintenance printermu dengan menu yang ada, pembersihan tank penampung dilakukan kalau sudah ada pesan full tank di PC kamu saja.
  • Bisanya tinta yang diisi dengan suntik akan lebih lama awetnya ketimbang model infus, sepanjang cara isi ulang kita benar. Kekurangannya adalah kita jadi sering membuka catridge dari printer, hal ini mesti dilakukan secara hati-hati. Sebab harga Catridge Canon yang baru hampir sama dengan kita beli printer Canon baru.
Sekian ulasan dari saya mengenai 10 Cara Merawat Infus Printer dan Isi Ulang Tinta Versi Terbaru semoga dapat bermanfaat.

Tidak ada komentar untuk "10 Cara Merawat Infus Printer dan Isi Ulang Tinta Versi Terbaru"