8 Tips Berbohong yang Sukses

8 Tips Berbohong yang Sukses Waktu ngadain acara Peer Counselor Training buat anak-anak sekolah tingkat SMP & SMA aku mendapatkan sedikit ilmu tentang tipu menipu. Walau ilmunya sedikit beraura negatif, tapi ilmu tipu-menipu ini bukan termasuk ke dalam ilmu hitam lho, Biar lebih enak dibaca, mending diperhalus aja jadi tips berbohong. Tips berbohong ini diajarkan salah satu pemateri dalam training itu. Awalnya judul materinya adalah komunikasi non verbal, tapi akhirnya diujung waktu, beliau memberikan makanan penutup berupa tips berbohong.

Berbohong yang Sukses


Berbohong yang Sukses

Tips Berbohong yang Sukses


Tips ini pun sebenarnya diberikan untuk anak-anak yang berbohong alias ngeles dari orangtuanya. Artinya tips ini hanya untuk kebohongan-kebohongan ringan. (Parah… koq ada bohong ringan. Bohong kakap gimana pulak lagi, mungkin kayak caleg-caleg yang nggak kepilih itu lah).

Tips berbohong yang sempat kutangkap di sela-sela aku mendokumentasikan kegiatan itu antara lain:

1. berkatalah seadanya. Jangan banyak-banyak. Biasanya orang yang berbohong tidak bisa mengingat dengan baik apa yang baru saja ia katakan.

2. Jangan berlama-lama berhadapan dengan orang yang kita bohongi. Setelah menjawab pertanyaannya, segeralah beranjak pergi. Carilah alasan yang tepat, misalnya “gerah, pengen mandi”, atau “capek, mau istirahat dulu.”

3. Berusahalah mengingat kata-kata jawaban yang diungkapkan pertama kali. Siapa tau pertanyaan sama muncul kembali. Kamu bisa menjawab dengan jawaban yang sama.

4. Tataplah mata orang yang kamu bohongi. Biasanya orang yang suka berbohong, ia tidak berani menatap mata lawan bicaranya

5. Jagalah bahasa tubuhmu. Jika sedang berdiri, berdirilah dengan tegak, jagalah tanganmu dari gatal-gatal di kulit kepala, di lobang hidung dan di leher. Jaga juga kakimu agar tidak menari-nari, menggaruk-garuk kaki sebelahnya. Kenapa? Biasanya orang yang berbohong tiba-tiba muncul rasa gatal di area tersebut. Entah kenapa bisa begitu. Belum ketemu jawabannya

6. Susunlah skenario berbohong dari awal. Cari jawaban yang masuk akal. Jika tidak siap, bahasa kamu jadi terbata-bata dan ketahuan deh…

7. Jangan sering-sering berbohong. Ntar jadi kebiasaan.

8. Setelah berbohong bertobatlah. Berjanjilah untuk tidak mengulangi kebohongan yang sudah dilakukan. Cukuplah satu kali saja melakukan kesalahan. Hanya orang bodoh lah yang melakukan kesalahan dua kali.

Apapun ceritanya. Kebohongan itu harus dihindari. Selain berdosa. Berbohong juga menyebabkan hati tidak sensitif lagi terhadap nilai-nilai kebaikan.

Jujurlah, walau pahit. Karena kejujuran akan membawa kebaikan. Orang akan menghormatimu dan Allah akan menyayangimu, Artikel 8 Tips Berbohong yang Sukses semoga dapat bermanfaat.
SUMBER

Tidak ada komentar untuk "8 Tips Berbohong yang Sukses"