Cara Instal Google Analytics Pada Webblog

Instal Google Analytics Google Analytics adalah tehnologi hebat dari Mbah Google yang berfungsi untuk memantau perkembangan blog atau sebuah website, terus bagaimana cara pasang google analitik pada web anda, caranya anda harus mendaftarkan blog-blog anda ke dalamnya agar bisa menganalisa setiap detil dari aktifitas pengunjung di dalam blog anda, nah berikut ini hasbihtc akan mengulas secara lengkap cara instal google analytics pada sebuah blog atau website, yuk mari kita simak tips berikut ini.

Instal Google Analytics Pada Webblog

Instal Google Analytics Pada Webblog

Instal Google Analytics Pada Webblog


Ada beberapa alasan mengapa kita harus instal Google Analytics tool
  1. Average time on site: Jumlah waktu yang dihabiskan pengunjung di laman-laman blog anda
  2. Depth of visit: Berapa banyak halaman yang dibaca pengunjung sebelum pergi.
  3. Number of unique visitors: Jumlah pengunjung unik yang datang ke blog anda
  4. Number of repeat visitors: Jumlah pengunjung datang kembali lagi setelah kunjungan pertama
  5. Bounce rate: pengunjung yang pergi setelah hanya membuka 1 halaman saja

Jadi, Google Analytics itu sangat bermanfaat tanpa lama-lama anda langsung saja baca panduan di bawah ini:

1: Membuat sebuah akun Google
Jika anda sudah punya akun Google, anda langsung ke langkah nomor 2. Dengan anda punya satu akun, anda otomatis bisa menggunakan Google Analytic dan layanan Google lain seperti Feedburner, Blogger, dll. Kalau mau daftar bisa dilakukan lewat link ini: http://www.google.com/analytics/

2. Mendapatkan Script pelacakan unik
Masuk ke akun Google anda dan klik pada link “Analytics”. Anda akan diarahkan ke halaman pendaftaran Google Analytics di mana anda akan bisa mengambil script pelacakan yang unik yang akan anda sisipkan ke dalam halaman blog/web anda.
Dari halaman pendaftaran akun baru, pilih “http://” atau “https: / /” dari menu drop-down. Secara umum website mempunyai struktur dengan “http://”, jadi ini yang akan anda gunakan.

Lanjut dengan mengikuti instruksi untuk mendaftar akun Google Analytics. Setelah setuju dengan syarat & ketentuan Google, pilih “Create New Account.” Google kemudian akan menyediakan anda dengan kode pelacakan yang unik.

3. Instal Kode Pelacakan Anda
Anda kemudian harus memasang tracking code ke dalam blog anda. Jika anda menggunakan blog wordpress anda memasang kode ini dengan Google Analytics Plugin. Untuk blogspot, anda pasang kode di edit HTML. Anda paste kode itu sebelum .
Setelah kode terpasang di blog, Google akan otomatis mulai melacak aktifitas di dalam blog dan memberikan laporan di dalam akun Google Analytics anda. Paling tidak 24 jam setelah anda memasang kode.

4. Laporan data blog anda
Setelah terpasang, Google akan menampilkan analisa blog anda secara detail setiap hari, bulan dan tahun. Anda bisa melihatnya seperti gambar di atas :
Pada bagian kiri Dashboard screen, anda bisa melihat menu navigasi analytics Anda bisa menganalisa menu-menu itu dengan meng-klik-nya

Demikianlah persembahan dari saya mengenai Cara Instal Google Analytics Pada Webblog semoga dapat bermanfaat.

Tidak ada komentar untuk "Cara Instal Google Analytics Pada Webblog"