Daftar Lengkap Istilah istilah Dasar Internet

Istilah istilah Dasar Internet didalam dunia internet tentunya kita akan menemui banyak istilah berhubungan dengan internet Istilah istilah tersebut perlu dipahami dengan baik, sehinggah kita tidak binggung pada saat online mengunakan internet, berikut beberapa istilah diinternet yang admin dara daeng akan ulas secara detail pada kesempatan kali ini dimana sebelumnya saya pernah membahas mengenai Apa itu internet dan berbagai aplikasi internet yuk kita simak istilah internet berikut ini agar nantinya sobat sobit hasbiblog gak keliru dalam memahami istilah istilah dalam Intrnet yuk kita ulasan selengkapnya Daftar Istilah istilah Dasar Internet

Istilah istilah Dasar Internet

Istilah Internet

Istilah istilah Dasar Internet


Browser Atau Web Browser
Broweser Adalah Program yang digunakan untuk mengakses internet contoh dari program browser adalah Internet Explor dan Netscape Navigator

HTML
HTML merupakan singkatan dari Hyperttext Mark Up Lenguage, HTML adalah kode kode yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, setiap halaman web disebut website yang terdiri dari sebuah halaman html (.htm) kita membutuhkan browser untuk menampilkan file Html tersebut.

Server
Komputer yang memberi layanan kepada komputer lain (komputer client) yang disebut server, karna berfungsi memberikan layanan, pekerjaan yang dilakukan oleh server sangat banyak, oleh sebab itu komputer server harus mempunyai kemampuan lebih handal dibandingkan komputer yang digunakan sebagai client, dinternet komputer server digunakan sebagai komputer penyimpan dokumen dokumen web dari website tertentu. komputer tersebut melayani komputer lain yang mengakses website yang disimpannya

Client
Komputer Client adalah komputer yang terdapat dalam sebuah jaringan yang berfungsi sebagai penerima layanan, komputer client mempunyai kemampuan yang lebih rendah dibandingkan dengan komputer server. Pada saat kita mengakses internet komputer kita disebut komputer client karna komputer kita menerima layanan dari komputer server milik website yang kita kunjungi.

Bandwidth
Bandwidth adalah ukuran kemampuan sebuah jaringan untuk mentransfer data dalam jangkauan tertentu, Satuan Bandwidth adalalah megabit per second (Mpbs) atau kilobit per secon (kbps)

Search Engine
Search Engine merupakan program wesite tertentu yang kita gunakan untuk mencari informasi yang ada diinternet seperti mesin pencari yang populer diantanya yahoo, google, bing dan masih banyak lagi.

Url (Uniform Resource Locator)
URL adalah sistem pemberian nama pada alamat website, Alamat url merupakan alamat dari sebuah halaman web seperti contoh www.hasbihtc.blogspot.com

Website
Website merupakan kumpulan halaman-halaman web yang saling terkait, website sering juga disebut dengan situs web,site atau portal.

Homepage
Halaman web pertama yang terdapat pada sebuah website disebut Homepage. biasanya home page berisi ucapan selamat datang, beberapa ringkasan isi website, dan beberpa link kebagian penting dari website tersebut, home sering juga digunakan untuk website pribadi seseorang sebagai istilah "rumah" dalam bentuk halaman web.

Web Page
Web page merupakan istilah yang digunakan untuk mengacu kepada sebuah halaman web, sebuah web page merupakan halaman html.

Hipertext Link Atau Hiperlink
Link adalah sebuah text, gambar, atau tombol dihalaman web yang digunakan untuk mengakses halaman web dalam file-file lain, link dihalaman web akan mempunyai tanda dan warna yang berberda, biasanya jika link disorot dengan mouse pointer maka teks tersebut merupakan link

ISP Internet Service Provider
ISP berfungsi sebagai penyedia jasa layanan koneksi internet. jika kita igin komputer kita terhubung ke internet, maka kita harus menghubungkan komputer kita ke sebuah ISP

Program Dial-Up
Progran dial-up adalah program yang terdapat dikomputer yang berfungsi untuk mengontrol modem dan mengatur hubungan antara komputer dengan pemberi jasa layanan Internet (ISP).

Off Line
Off line adalah kondisi di mana koneksi komputer kita ke internet dalam keadaan terputus.

Online
Online adalah kondisi dimana koneksi komputer, kita keinternet dalam keadaan tersmabung.

Login
Beberapa halaman web di iternet hanya dapat diakses oleh orang yang memiliki otoritas tersebut dilakukan dengan cara memasukkan User Id atau password. Proses pemasukan user ID dan pasword tersebut disebut login, Contoh proses login adalah ketika kita memasukkan user id dan password pada saat ingin membuka kotak email.

Logout
Logut adalah kebalikan dari login, logot adalah proses keluar dari halaman web, yang hanya dapat diakses kepada orang yang memiliki otoritas.

Protokol
Protokol adalah aturan aturan yang ada untuk untuk melakukan tugas tertentu, misalnya, di Internet ada protokol untuk mengirimkan pesan ke komputer lain, ada protokol yang mengirimkan emai dan sebagainya.

HTTP atau HiperText Transfer Protokol
HTTP adalah protokol yang digunakan untuk memperuntukkan informasi diinternet, komputer kita menerima file0file HTML dari sebuah server diinternet dengan mengunkan Protokol HTTP.

POP atau Post Office Protokol
POP adalah protokol yang digukan untuk mengambil e-mail yang disimpan diserver diinternet atau sebuah ISP.

Download
Proses pengambilan file dari sebuah komputer server diinternet kekomputer yang kita gunakan disebut donwload.

Upload
Proses penganbilan file dari sebuah komputer kita kesebuah komputer server di internet ke komputer yang kita gunakan, Upload merupakan kebalikan dari proses download.

Freeware
Program yang ditempatkan diinternet dan dibagikan secara gratis, setiap orang diperbolehkan mengambil file tersebut.

Shareware
Share merupakan program komputer di internet yang dapat kita download dan kita gunakan dalam jangka waktu tertentu, jika kita ingin mengunakannya terus maka kita harus membeli dengan cara membayar biaya pendaftaran.

GIF atau Grafical Interchange Format
GIF merupakan suatu format file gambar. GIF mepunyai ukuran file yang kecil, sehinggah banyak yang digunakan sebagai format gambar di internet.

JPEG atau Joint Photografic Experts Group
Selain GIF, JPEG merupakan file gambar yang banyak digunakan diiternet, JPG mempunyai ukuran file yang lebih kecil.

SPAM
SPAM adalah pengiriman pesan yang tidak diinginkan, seperti e-mail yang tidak penting, e-mail bernatai, ikaln dan sebagainya.

Demikianlah ulasan dari saya mengenai Istilah istilah Dasar Internet semoga dengan membaca istilah internet diatas dapat bermanfaat. Wassalam. SUMBER ISTILAH INTERNET

Tidak ada komentar untuk "Daftar Lengkap Istilah istilah Dasar Internet"