Obyek Wisata Makassar Sulawesi Selatan

Obyek Wisata Makassar Sulawesi Selatan, kota daeng atau kota aging mammiri adalah sebuah propinsi yang terletak di kawasan indonesia timur, salah satunya adalah makassar, dengan potensi wisata Alam yang beraneka ragam dimiliki oleh Provinsi Sulawesi Selatan, mulai dari obyek wisata pantai, gunung, wisata budaya tentunya propinsi yang satu ini boleh di bilang adalah kiblat bagi kota-kota yang ada di Kawasan Indonesia Timur, Nah bagi anda yang ingin berwisata ke sulawesi selatan berikut persembahan dari hasbi htc mengenai lokasi wisata sulsel yang sering di kunjungi oleh wisatawan, baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan mancaranegara silahkan disimak tempat wisata di beberapa kabupaten yang ada di sulawesi antara lain tempat wisata yang ada di kabupaten bantaeng, Baru, Bone, Bulukumba, Enrekang, Gowa, Jeneponto, Luwu, Maros, Pangkep, pinrang, sinjai, Soppeng, Pare-pare dan Tana Toraja

Peta Wisata Sulawesi Selatan

Peta Wisata Sulawesi Selatan sumber Google Mpas

Wisata Makassar Sulawesi Selatan


OBYEK WISATA KOTA MAKASSAR
  1. Perjalanan Wisata Bahari meliputi Pulau Kodingareng, Pulau Barrang Lompo, Tanjung Bunga, Pantai Losari, Pulau Samalona, Tanjung Bayang, Trans Stodio Tanjung Bunga
  2. Pejalanan Wisata Dalam Kota meliputi Fort Rotterdam, Monumen Mandala, AI Markaz AI Islami, Makam Syech Yusuf.
OBYEK WISATA KABUPATEN GOWA
Beberapa obyek wisata yang terdapat di Kabupaten Gowa yaitu:
  1. Kawasan Dataran Tinggi Malino
  2. Air Terjun Malino
  3. Kawasan Bendungan Bili-bili
OBYEK WISATA KABUPATEN TAKALAR
Obyek Wisata Meliputi:
  1. Pulau Sanrobengi.
  2. Pulau Lihukan,terletak di kawasan Pantai Bira.
  3. Pulau Selayar,terletak di arah tenggara dari daratan semenanjung Sulawesi Selatan.
  4. Benteng Bontobangun.
OBYEK WISATA KABUPATEN JENEPONTO
Obyek Wisata yang ada di Kabupaten Jeneponto adalah :
  1. Pulau Harapan,terletak di Desa Mallasoro di sebelah barat Kabupaten Jeneponto.
  2. Air Terjun Boro,terletak di Kecamatan Kelara,
  3. Pantai Birtaria Kassi,terletak di Kecamatan Tamalatea.
OBYEK WISATA KABUPATEN BANTAENG
Kabupaten Bantaeng memiliki beberapa obyek wisata yaitu:
  1. Pantai Marina Korong Batu: Pantai ini terletak di Desa Baruga kecamatan Pa'jukukang sekitar 18 Km dari Kota Bantaeng.
  2. Air Terjun Bissapu: Perjalanan menuju air terjun ini sebaiknya dilakukan diwaktu pagi, Disepanjang jalan ini anda dapat merasakan udara sejuk dan pemandangan alam dengan pepohonan hijau dikanan kiri jalan.
  3. Hutan Wisata Gunung Loka:terletak di Desa Bonto Marranu,Kecamatan Uluere.
  4. Pantai Tope Jawa:terletak di Desa Topejawa.
  5. Pantai Tanakeke.
OBYEK WISATA KABUPATEN BULUKUMBA
Obyek wisata yang terdapat di Kabupaten Bulukumba yaitu:
  1. Pantai Tanjung Bira: disepanjang pantai ini terhampar pasir putih yang bening dan halus seperti tepung. Pulau ini terletak di Kecamatan Bonto Bahari sekitar 45 Km dari Kota Bulukumba.
  2. Tanah Beru Tempat Pembuatan
  3. Perahu Phinisi: terletak di Pesisir pantai kelurahan Tana Beru sekitar 24 Km dari Kota Bulukumba. Tana Beru dikenal sebagai tempat pembuatan perahu atau kapal tradisional Phinisi.
  4. Kawasan Adat Ammatoa: Keindahan alam berupa kelestarian kawasan hutan merupakan ciri dari kawasan adat ini, serta budaya masyarakat dengan hidup yang jauh dari hidup modern. Tempat ini terletak di Desa Tana Toa kecamatan Kajang sekitar 56 Km dari Kota Bulukumba, dengan fasilitas tempat penerimaan tamu.
OBYEK WISATA KABUPATEN MAROS
Obyek wisata yang terdapat di Kabupaten Maros diantaranya:
  1. Air Terjun Bantimurung: Kawasan ini terletak di Lembah Bukit Kapur / Karst yang curam dengan vegetasi tropis yang subur, sehingga selain memiliki air terjun yang spektakuler juga menjadi habitat yang ideal bagi berbagai spesies dan kupu-kupu terdapat pula sebuah gua yang diberi nama gua mimpi dengan stalaktif dan stalaktimitnya yang menakjubkan sehingga kalau kita berada di gua tersebut serasa seperti dalam mimpi.
  2. Salukang Karang adalah gua terbesar dengan panjang sekitar 11 Km namun tidak semua pengunjung diperbolehkan masuk ke gua ini. Tempat yang disebut juga Taman Prasejarah Leang-Leang ini terletak pada deretan bukit kapur yang curam.
  3. Gua Pattunuang, obyek wisata ini selain kaya akan stalaktif dan stalakmityang menakjubkan juga panorama alam sekitarnya sangat menawan dan indah.
  4. Leang Panninge, merupakan gua yang memiliki stalaktif dan stalakmit juga memberikan kenyamanan tersendiri karena gua tersebut diameternya lapang.
  5. Cagar Alam Karaenta, obyek lainnya yang berada di Desa Samangki adalah Cagar Alam Karaenta yang merupakan kawasan hutan lindung. Salah satu daya tarik kawasan ini yaitu memiliki gua yang panjangnya sekitar 2.200 meter dan merupakan habitat ideal bagi kera jenis Macaca Maura yang tergolong langka.
OBYEK WISATA KABUPATEN PANGKAJENE KEPULAUAN
Obyek pariwisata yang terdapat di Kabupaten Pangkajene Kepulauan yaitu:
  1. Pulau Kapoposan: Pulau ini merupakan salah satu dari gugusan kepulauan spermode, Pulau ini memiliki gugusan terumbu karang yang padat dan indah. Untuk menikmati pemandangan alam bawah laut dapat melakukan diving. Pulau ini terletak di Desa Mattiroujung Kec. Luikang Tupabiring.
  2. Kawasan Karst: Kawasan ini terletak disepanjang perjalanan ke Kabupaten Maros dan PengKep. Karst yang berbentuk gunung batu kapur dengan berbagai bentuk dan model.
  3. Waterboom: Kawasan yang terletak sekitar 3 Km dari arah Kota Pangkep. Posisinya yang tepat berada di kaki bukit karst Mattampa.
OBYEK WISATA KABUPATEN BARRU
Obyek Wisata yang ada di Kabupaten Barru antara lain:
  1. Taman Laut Mallusetasi,terletak di Kelurahan Bojo Baru.
  2. Pantai Labuangnge,terletak di Kelurahan Bojo Baru.
  3. Pantai Lapakak,terletak di Kelurahan Bojo Baru.
  4. Air Terjun Wae Saie,terletak di Kelurahan Lompo Riaja.
  5. Sumber Air Panas Kalompie,terletak di Desa Galung Kecamatan Barru.
OBYEK WISATA PARE-PARE
Obyek Wisata yang ada di Pare-pare adalah:
  1. Pantai Lumpue
  2. Objek Wisata Gua Tompangnge biasa juga disebut gua kelelawar
  3. Water Boom Pare Pare
  4. Sumur Jodoh
  5. Kawasan Hutan Jompie
OBYEK WISATA KABUPATEN PINRANG
  1. Obyek wisata yang ada di Kabupaten Pinrang antara lain:
  2. Pulau Kamarrang,terletak di Kelurahan Ujung Labuang.
  3. Pantai Kappe,terletak di Desa Data,Kecamatan Duampanua.
  4. Pantai Wae Tuwo,terletak di Desa Wae Tuwo.
  5. Air Terjun Karawa,terletak di Kelurahan Betteng.
  6. Air Terjun Kalijodoh,terletak di Kelurahan Betteng.
  7. Pemandian Air Panas Sulili,terletak di Kelurahan Maminasse.
  8. Pemandian Air Panas Lemosusu,terletak di Kelurahan Maminasse.
OBYEK WISATA KABUPATEN LUWU
  1. Pantai Lalombo merupakan obyek wisata yang terdapat di Kabupaten Luwu. Pantai ini berjarak sekitar 2 Km dari Pusat Kota Palopo, kawasan ini memiliki hamparan pasir putih dan daya tarik yang mempesona. Selain itu, dikawasan ini terdapat pula beberapa fasilita olahraga pantai seperti lapangan volly pantai, area memancing dan menyelam.
  2. Pantai Bone Pute,terletak di Kecamatan Larompong.
  3. Gua Liang Andulan,terletak di Desa Siteba Kecamatan Lamasi.
  4. Wisata Alam Latuppa,terletak di Kecamatan Wara.
OBYEK WISATA KABUPATEN ENREKANG
  1. Kabupaten Enrekang memiliki obyek wisata - Buttu Kabobong (Bambapuang) yang terletak di Bambapuang kecamatan Anggeraja sekitar 16 Km dari Kota Enrekang.
OBYEK WISATA KABUPATEN SINJAI
Obyek Wisata antara lain:
  1. Pulau Sembilan,terdiri dari 9 buah pulau yaitu,
  2. Pulau Burungloe
  3. Pulau Liang liang
  4. Pulau Kambuno
  5. Pulau Kodingare
  6. Pulau Batanglampe
  7. Pulau Katingdoang
  8. Pulau Katanalo 1
  9. Pulau Katanalo2
  10. Pulau Larearea.
OBYEK WISATA KABUPATEN BONE
Obyek wisata yang terdapat di Kabupaten Bone yaitu:
  1. Pantai Tanjung Palette: Terletak di Kecamatan Tanete Riattang Desa Palette dengan jarak sekitar 32 Km kearah selatan Kota Bone.
  2. Gua Mampu:terletak di Desa Labbeng.
  3. Gua Cempalagi: terletak di Desa Mallari.
  4. Pantai Ancue.
OBYEK WISATA KABUPATEN SOPPENG
Kabupaten Soppeng memiliki beberapa obyek wisata diantaranya:
  1. Panorama Alam Kelelawar: Sejak dulu burung kalong telah menghuni Pusat Kota Watansoppeng dan uniknya mereka hanya mau berdiam bergantungan pada pepohonan yang berada di jantung kota.
  2. Gua Coddang Citta: Gua ini terletak di Desa Citta Kecamatan Liliraja sekitar 35 Km sebelah timur Kota Watansoppeng. Merupakan salah satu fenomena alam yang terbentuk di kawasan batu gamping karst sekitar jutaan tahun yang silam.
  3. Pemandian Air Panas Lejja:
  4. Pemandian Alam Lejja terletak di Desa Bulu Kecamatan Marioriawa sekitar 44 Km dari Kota Watansoppeng.
  5. Pemandian Alam Ompo: Pemandian ini terletak di Kelurahan Ompo Kecamatan Labata sekitar 3 Km sebelah utara Kota Watansoppeng.
OBYEK WISATA KABUPATEN TANATORAJA
Kabupaten Tanatoraja memiliki beberapa obyek wisata antaralain:
  1. Ke'te Kesu: terletak sekitar 4 Km dari tetangga Rantepao dengan obyek yang mempesona di desa ini berupa tongkonan, lumbung padi dan bangunan megalit di sekitarnya. Perkampungan ini juga terkenal dengan seni ukirannya dan sekaligus tempat menarik untuk berbelanja cenderamata.
  2. Londa adalah tebing yang curam, di tebing tersebut dibuatlah banyak lubang mayat (Liang).
  3. Pallawa: terletak sekitar 12 Km ke Utara dari Rantepao, Tongkonan (Rumah Tradisional) Pallawa adalah satu tongkonan yang menarik, yang terletak diantara pohon-pohon bambu di puncak bukit.
  4. Batu Tumonga: kawasan pegunungan nan indah ini sekitar 1300 m diatas permukaan laut. Dikawasan ini kita dapat menemukan sekitar 56 batu menhir dalam 1 lingkaran dengan 4 pohon dibagian tengah, kebanyakan batu menhir berketinggian 2-3 m.
  5. Lemo: di pemakaman Lemo anda dapat melihat hamparan persawahan dan kuburan tebing (Liang) dan bentuk makam lainnya yang sederhana seperti rumah-rumah kecil yang permanen (Patane).
  6. Borik: tempat ini adalah berupa lapangan pesta bagi banagsawan di Tana Toraja dimana ditengah lapangan ini banyak batu menhir yang tingginya sekitar 3-7 m dengan besar lingkaran (diameter) sekitar 2-5 m.
Demikianlah Ulasan saya Megenai Tempat Wisata Makassar Sulawesi Selatan Semoga dapat bermanfaat dan dapat dijadikan pedoman dalam menentukan Pilihan tempat wisata di sul-sel, Buat anda Penggunjung dan Pembaca Blog hasbi Htc yang berasal dari sulawesi selatan kiranya dapat menambahkan obyek wisata lainya yang terbaru jika ada pada Kotak Komentar guna melengkapi info mengenai obyek wisata di Sul-Sel Wassalam. Sumber

Tidak ada komentar untuk "Obyek Wisata Makassar Sulawesi Selatan"