Mengenal Adat Seni dan Budaya Papua

Mengenal Adat Seni dan Budaya Papua

Mengenal Adat Seni dan Budaya Papua

Hasbi Htc - Papua yang dulunya di kenal dengan sebutan Irian Jaya merupakan pulau yang teletak di kawasan timur wilayah Indonesia. Papua dikenal hasil buminya, masyarakat Papua juga mempunyai kekayaan dalam ragam seni dan budaya. Apa sajakah ragam seni dan budaya yang terdapat di Papua?.

Sebagai salah satu seni kebudayaan yang ada di Papua maka tak ada salahnya bila kita menyebutnya seni kebudayaan kita juga, kerena Papua adalah satu diantara wilayah yang ada di bawah naungan NKRI, dengan falsafah Bhineka Tunggal Ika. Nah di bawah ini aneka ragam budaya dan kesenian papua.

Alat musik tradisional Tifa

Adat Seni dan Budaya Papua


1. Alat musik tradisional Tifa. Tifa adalah satu diantara alat musik jam yang memiliki bentuk hampir mirip dengan gendang. Alat musik Tifa terbuat dari kayu yang mana di bagian tengah kayu itu di buat lubang besar yang dibersihkan/dikosngkan.

Lalu lalu ujung salah satu ujungnya ditutup dengan memakai kulit rusa yang sudah dikeringkan terlebih dulu, bertujuan supaya alat musik Tifa ini dapat menghasilkan nada yang indah dan bagus.

Alat musik tradisional Tifa

Alat musik Tifa kerap dimainkan sebagai instrumen musik tradisional atau untuk mengiringi beraneka tarian tradisional seperti tarian perang, tarian tradisional Asmat, dan tarian Gatsi.

Tak hanya dari Papua alat musik ini dapat berasal dari Maluku, jadi pada Papua dan Maluku memiliki alat musik yang sama. Namun tidak apa yang utama semuanya merupakan kekayaan seni yang ada di nusantara Indonesia ini.

2. Tarian tradisional Papua. Sebagai daerah yang kaya akan ragam seni budaya, Papua mempunyai beberapa tarian tradisonal sebagai ciri khas masyarakat Papua biasa menyebutnya dengan sebutan Yosim Pancar, dalam tari ini terdapap sebagian bentuk gerak tarian salah satunya tari Pacul Tiga, tari Seka, tari Sajojo, tari Balada dan tari Cendrawasih.

Alat musik tradisional Tifa

Tarian tradisional Papua ini kerap di mainkan dalam beragam kesempatan seperti untuk penyambutan tamu terhormat, penyambutan beberapa turis asing yang datang ke Papua dan dimainkan yaitu dalam upacara adat.

3. Baju Adat Tradisional Papua. Baju adat Papua untuk pria dan wanita hampir sama memiliki bentuk. Baju adat itu menggunakan hiasan-hiasan seperti hiasan kepala berbentuk burung cendrawasih, gelang, kalung, serta ikat pinggang dari manik-manik, dan rumbai-rumbai pada pergelangan kaki.

Baju Adat Tradisional Papua

4. Rumah Adat Papua. Nama rumah asli Papua yaitu Honai yakni rumah khas asli Papua yang ditempati oleh Suku Dani. Bahan untuk membuat rumah Honai dari kayu dengan serta atapnya berbentuk kerucut yang terbuat dari jerami atau ilalang. Rumah tradisional Honai memiliki pintu yang kecil serta tidak berjendela.

Rumah Adat Papua

Biasanya rumah Honai terbagi dalam 2 lantai yang terdiri dari lantai pertama untuk tempat tidur sedang lantai kedua dipakai untuk tempat untuk bersantai, makan, dan untuk mengerjakan kerajinan tangan.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

2 komentar

Indonesia memang kaya akan ragam budaya,,namun papua..daerah yg kaya dengan tambangnya...seperti tidak tersentuh oleh pembangunan....sayang sekali...
keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

Balas

Trims Atas Kunjungannya Daeng :D, semoga kedepannya pemerintah lebih memperhatikan papua terkait masalah pembangunan dan budayanya.

Balas

Advertiser

web hosting indonesia