Kenapa Pinguin Tidak Bisa Terbang ?

Kenapa Pinguin Tidak Bisa Terbang ? Pinguin termasuk dalam bangsa burung tetapi mengapa tidak bisa terbang ? syarat untuk menjadi warga burung adalah binatang bertulang belakang yang mempunyai bulu dan sayap jadi syaratnya cuma ada 3, yaitu mempunyai tulang belakang vertebrata, mempunyai sayap, mempunyai bulu kemampuan terbang bisa terbang bukanlah syarat mendaftar menjadi "warga burung" jadi Penguin yang tidak bisa terbang namun memenuhi 3 persyaratan di atas, dapat masuk sebagai "warga burung".

Kenapa Pinguin Tidak Bisa Terbang

Kenapa Pinguin Tidak Bisa Terbang

Kenapa Pinguin Tidak Bisa Terbang


Ada beberapa burung yang tidak bisa terbang diantaranya adalah:
  • Burung Kasuari dari Papua,
  • Burung Onta dari Afrika,
  • Burung Emu dari Australia, dsb.
Selain itu, juga disebabkan oleh sayapnya yang mungil dan tubuhnya yang gemuk, sehingga tidak memungkinkan sayap pinguin bisa membawa tubuhnya yang berat untuk terbang disisi lain, Pinguin juga tidak memiliki kantung udara yang digunakan untuk menyimpan udara pada saat terbang seperti yang dimiliki oleh burung burung yang bisa terbang lainnya.

Sebagian orang ada yang mempercayai bahwa Pada awalnya burung penguin itu bisa terbang tapi setelah mengalami evolusi dan adaptasi selama ribuan tahun pada daerah bertemperatur rendah maka hasil evolusi menyebabkan perubahan pada bentuk sayapnya, sayapnya lebih kecil dan pendek menyebabkan beralih fungsi menjadi Sayap sirip pendorong untuk memburu ikan di bawah permukaan air laut.

Tidak ada komentar untuk "Kenapa Pinguin Tidak Bisa Terbang ?"