Pengaruh Game Playstation Terhadap Prestasi Belajar Anak




Pada jaman sekarang ini, teknologi terus berkembang demikian juga dengan permainan anak-anak. Dulu kita masih sering menjumpai sekumpulan anak bermain kelereng atau petak umpet di pinggir jalan atau tanah lapang sekitar rumah. Tapi sekarang, permainan tersebut sudah sangat jarang sekali dipermainkan bahkan sudah jarang kita temui. Padahal bila kita telaah lebih jauh, permainan tersebut sarat dengan kebersamaan dan canda tawa khas anak-anak.

Anak-anak pada saat ini cendrung lebih suka bermain game elektronik seperti Playstation (PS), konsol permainan modern canggih. Apalagi beberapa tahun terakhir, peralatan ini booming dengan berbagai pernik pendukung dan rilisan terbaru, Playstation 3. Berbagai jenis game console juga dapat kita temui dengan mudah di tengah masyarakat kita. Seiring dengan banyaknya game console yang ada, jenis permainan yang dihadirkan pun cukup beragam. Jenis permainan yang dikembangkan oleh perusahaan game dewasa ini cukup beragam. Dari permainan ringan hingga permainan yang cukup berat untuk kalangan anak-anak dapat dengan mudah kita temui. Sayangnya jenis permainan ini banyak yang mengincar anak-anak sebagai konsumennya, tidak peduli apakah game tersebut mempunyai dampak negafif atau tidak bagi prilaku anak, termasuk didalamnya prilaku anak dalam, proses pencapaian prestasi.

Anak-anak memang umumnya masih memiliki pikiran yang polos, mereka mudah tertarik dengan permainan-permainan baru yang membuat mereka senang. Padahal sesuatu yang bagi mereka menyenangkan dan mengasyikkan bisa saja dapat memberi efek yang tidak baik bagi perkembangan fisik dan mental mereka.



Memang selama ini banyak dikatakan bahwa games mempunyai hal-hal yang dapat memepengaruhi kemampuan anak kearah positif, antara lain yaitu:

1. Dapat merangsang saraf motorik mereka dalam bereaksi, terutama melatih keterampilan tangan dan koordinasi motorik mata dan tangan menjadi lebih terlatih

2. Dapat merangsang kemampuan mereka dalam berstrategi terutama untuk games strategi atau yang lainnya.

3. Dapat merangsang kemampuan mereka bepikir untuk memecahakan masalah.

Namun pada kenyataannya, ternyata games juga mempunyai sisi negatif yang perlu kita perhatikan. Diantaranya berpengaruh terhadap prestasi belajar mereka. Berikut ini dampak yang ditimbulkan games atau playtation terhadap prestasi anak, antara lain:

1. Biasanya di dalam permainan beberapa jenis games, terdapat alur cerita yang biasanya terjalin dari berbagai masalah didalamnya. Masalah-masalah tersebut harus diselesaikan oleh sang anak bila ingin menyelesaikan games tersebut, dan terkadang story dan permasalahan yang ditawarkan sangat menarik dan kompleks, tidak jarang hal tersebut menyita perhatian anak. Terbayangkah oleh anda, ketika anak anda sedang berada dikelas namun pikiran mereka berada di game yang belum ditamatkan semalam.

2. Gangguan berupa radisai yang ditimbulkan dari pernggunaan PC dan berbagi alat elektroniklain seperti TV, PS dall, juga mengganggu proses belajar mereka secara fisik. Seperti gangguan pada mata, kelehahan dan sebagainya.

3. Dapat melemahnya fisik dan psikis, tanpa disadari oleh anak sebagai akibat dari kecanduan permainan ini. Rentetan berikutnya, menyebabkan anak kekurangan energi dan melemahnya konsentrasi.

Sekian Coretan dari saya Tentang Pengaruh Game terhadap Prestasi Belajar Anak
Untuk Info lengkap Mengenai Artikel Blog ini silahkan dibuka Daftar Isi

Tidak ada komentar untuk "Pengaruh Game Playstation Terhadap Prestasi Belajar Anak"